8 Makanan untuk Menambah Tinggi Badan di Masa Pertumbuhan

8 Makanan untuk Menambah Tinggi Badan di Masa Pertumbuhan

8 Makanan untuk Menambah Tinggi Badan di Masa Pertumbuhan

makanan untuk Menambah Tinggi Badan

makanan untuk Menambah Tinggi Badan

Masa pubertas saat usia remaja merupakan masa-masa penting untuk pertumbuhan. Pada masa ini, pertumbuhan tulang akan mencapai masa puncaknya. Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang dibutuhkan banyak vitamin dan mineral, seperti kalsium, vitamin D, fosfor, vitamin C, magnesium, dan masih banyak lagi.

Kurangnya asupan beberapa zat gizi di atas dapat membuat pertumbuhan tulang tidak optimal, dan untuk jangka panjang bisa menyebabkan osteoporosis. Jika Anda atau anak Anda sedang mengalami masa pubertas, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral tersebut untuk mendukung pertumbuhan tulangnya. Nah, apa saja sih makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tulang?

Makanan untuk pertumbuhan tulang

Beberapa makanan berikut mengandung zat gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang.

  1. Susu

Susu merupakan salah satu sumber protein dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang. Satu gelas susu mengandung sekitar 30% kalsium yang diperlukan tubuh, berdasarkan National Institutes of Health’s Office of Dietary Supplements (ODS). Selain kalsium, susu biasanya juga difortifikasi atau ditambahkan dengan kandungan vitamin D ke dalamnya. Kedua zat ini, kalsium dan vitamin D, sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang, terutama pada masa puncak pertumbuhan tulang. 99% kalsium dalam tubuh terdapat di tulang, sehingga mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium sangat diperlukan pada masa pertumbuhan tulang.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa terdapat hormon yang mendukung pertumbuhan di dalam susu, yang bernama insulin-like growth factor-1 (IGF-1). Berdasarkan penelitian Bonjour, et al, tahun 2001, IGF-1 merupakan faktor penting untuk pertumbuhan panjang tulang. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani tinggi, seperti susu, dapat meningkatkan kadar IGF-1 dalam tubuh.

  1. Produk susu

Produk susu seperti yogurt dan keju juga dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang. Yogurt dan keju mengandung banyak kalsium. 8 ons yogurt rendah lemak mengandung 42% kebutuhan kalsium per hari. Sedangkan 1,5 ons keju cheddar mengandung lebih dari 30% kebutuhan kalsium per hari. Jenis keju yang paling banyak mengandung kalsium adalah jenis keju mozzarella. Beberapa produk yogurt dan keju juga telah difortifikasi dengan vitamin D.

  1. Sayuran berdaun hijau

Beberapa sayuran berdaun hijau mengandung kalsium yang dibutuhkan tulang, seperti brokoli, daun kale, lettuce, dan collard green. Selain mengandung kalsium, sayuran berdaun hijau juga mengandung vitamin K. Vitamin K mempunyai peran penting dalam pengaturan kalsium dan pembentukan tulang. Kadar vitamin K yang rendah dalam tubuh berhubungan dengan rendahnya kepadatan tulang. Konsumsi 1 porsi atau lebih brokoli, daun kale, lettuce, dan collard green dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin K per hari, yaitu 120 mcg/hari untuk pria dan 90 mcg/hari untuk wanita.

Namun, tidak semua sayuran berdaun hijau baik untuk pertumbuhan tulang. Seperti bayam, walaupun mengandung kalsium, tetapi juga mengandung asam oksalat yang dapat menghambat penyerapan kalsium. Sebaiknya hindari makan makanan sumber kalsium dan bayam dalam waktu bersamaan.

  1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dan sarden mengandung vitamin D dan asam lemak omega-3. Dan jika Anda memakan salmon atau sarden dalam kaleng yang masih terdapat tulangnya, Anda juga mendapatkan kalsium. Jenis ikan lain yang mengandung vitamin D, yaitu tuna. Dalam 3 ons tuna kaleng mengandung 154 IU atau 39% vitamin D. Selain vitamin D, tuna juga mengandung kalium, magnesium, dan asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 juga berperan dalam pembentukan struktur, fungsi, dan perkembangan tulang. Asam lemak juga dibutuhkan untuk metabolisme kalsium, serta merupakan komponen penting dalam semua membran, seperti pada membran kartilago dan tulang.

  1. Kuning telur

Telur juga mengandung vitamin D yang dapat membantu pertumbuhan tulang. Namun, bagi Anda yang suka bagian putih telurnya saja, mungkin telur tidak dapat menyediakan kebutuhan yang diperlukan tulang, karena hanya bagian kuning telurnya saja yang mengandung vitamin D. Kuning telur menyediakan sekitar 6% vitamin D yang dibutuhkan tubuh per hari.

  1. Buah-buahan

Beberapa jenis buah-buahan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang. Pepaya, jeruk, nanas, dan strawberi mengandung vitamin C. Vitamin C ini berfungsi dalam sintesis kolagen, yaitu protein utama dalam tulang.

  1. Daging merah

Daging, terutama daging merah, mengandung fosfor dan magnesium yang dibutuhkan tulang. Lebih dari setengah massa tulang dibentuk oleh mineral fosfor. Kekurangan fosfor dapat mengganggu mineralisasi tulang. Selain itu, mineral magnesium juga dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Magnesium dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang. Dan juga magnesium mempunyai peran dalam banyak metabolisme mineral.

Sumber makanan lain yang mengandung fosfor adalah seafood, kacang-kacangan, gandum, kentang, dan jagung. Sedangkan sumber makanan yang mengandung magnesium adalah tofu, gandum, kacang-kacangan, seperti almond dan kacang mede.

  1. Wortel

Wortel merupakan salah satu sumber vitamin A yang tinggi. Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan tulang normal. Kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko pertumbuhan tulang tidak normal. Namun, terlalu banyak vitamin A juga berdampak negatif terhadap kesehatan tulang. Oleh karena itu, konsumsilah vitamin A dalam jumlah yang cukup dan sebaiknya hindari konsumsi suplemen vitamin A jika memang tidak dibutuhkan.

Tinggi badan yang kamu inginkan akan cepat diperoleh selama kamu menjaga asupan gizi dari makanan dan minuman diatas dengan teratur.

Selain jenis makanan dan minuman yang bisa meninggikan badan anak dan orang dewasa secara cepat yang ditulis diatas, mungkin masih adalagi jenis lain yang mudah-mudahan akan ditulis pada artikel yang lain.

Ada baiknya juga di imbangi dengan aktivitas fisik seperti berolahraga sebagai penunjang untuk memaksimalkan hasilnya.

suplemen-makanan-penambah-tinggi-badan-yang-murah

Nah, untuk solusi lain cara meninggikan badan secara cepat dan aman, gunakan produk suplemen peninggi badan tiens.

Terbuat dari 100% bahan herbal alami yang dijamin aman tanpa efek samping.

Kandungannya juga sangat kaya akan kalsium, vitamin, protein dan lainnya yang 4x lebih tinggi dari produk sejenisnya.

Sudah banyak yang berhasil menambah tinggi badan dalam waktu relatif singkat.

Mulai dari anak-anak dan remaja usia pertumbuhan, bahkan orang tua yang sudah bukan masa pertumbuhan.

Suplemen penambah tinggi badan merk TIENS sudah terdaftar di BPOM Depkes RI dan bersertifikat Halal MUI.

Untuk Konsultasi Gratis dan Pemesanan Hubungi :

Demikianlah artikel 8 Makanan untuk Menambah Tinggi Badan di Masa Pertumbuhan

dan penjelasan singkat produk suplemen pembatu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *